Pasrahkan Hidup Kita pada Allah

Pasrah adalah kekuatan, orang pasrah berarti menyerahkan dirinya kepada Allah. Itu artinya ada kekuatan yang diarahkan, yaitu kekuatan kembali kepada Allah. Kekuatan pasrah ini dapat digunakan untuk menyerahkan sesuatu yang menjadi kebutuhan bagi kita. Misalnya, kita mengalami sakit, maka sakit tersebut dapat kita pasrahkan kepada Allah. Misalnya lagi, kita dililit hutang dan kita tidak mungkin bisa membayarnya maka gunakan kekuatan pasrah kepada Allah, termasuk menyerahkan segala hutang kita kepada Allah. Barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka Allah akan memberikan jalan keluar yang tidak disangka sangka sehingga kunci dari segala masalah adalah dengan kekuatan pasrah kita. Kekuatan penyerahan total inilah yang akan menggerakkan kehendak Allah. Bukan kekuatan diri yang lemah. Akan tetapi, kekuatan Allah yang maha kuat. Di dalam kepasrahan total ada kekuatan, di dalam kesombongan ada kelemahan. Semoga kita digolongkan menjadi orang yang selalu berserah diri. Amiin.

Pasrah seperti air mengalir yang selalu bergerak dengan fleksibel mengikuti tempat yang lebih rendah. Pasrah dan ikhtiyar sesuatu yang bertolak belakang. Pasrah itu mengarah pada Allah. Sedangkan usaha atau ikhtiyar itu ke diri, aku bisa, aku berusaha. Jadi usaha dan pasrah sesuatu hal yang tidak bisa disatukan. Tidak mungkin kita menyelesaikan dengan ikhtiyar dan pasrah. Kalau mau menyelesaikan masalah dengan pasrah, ya pasrah saja total kepada Allah. Sedangkan kalau mau ikhtiyar, ya ihtiyar saja pakai kemampuan diri semaksimal mungkin. Kalau pasrah, bukan aku yang berusaha atau ikhtiyar, tapi aku sudah tidak berusaha lagi, hanya mengikuti apa yang menjadi kehendak Allah. Aku berserah mengikuti kehendak Allah, dan ini bukan ihtiyar. Seperti sa’i dalam ibadah haji. Seperti pelajaran dari Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim a.s, yang mencari air. Siti Hajar tidak ikhtiyar karena kalau ikhtiyar pasti menggunakan logika akal. Siti Hajar tidak menggunakan logika dia hanya percaya dan berpositif thinking kepada Allah bahwa pasti ada jalan, atau dalam hal ini pasti ada air. Saudaraku, Dalam menyelesaikan suatu masalah, kita tetap diwajibkan berikhtiyar semampu kita. Namun, setelah kita berikhtiyar sesuai kemampuan kita maka yang seharusnya dilakukan adalah hanya pasrah pada Allah. Hidup kita ini sudah digariskan atau dituliskan dalam Lauhul Mahfuz.

Oleh karena itu, benar seperti yang difirmankan Allah dalam Qur’an Surat Ar Ra’d ayat 11 :

“ Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum hingga mereka mau mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri “

Saudaraku,

Yang paling penting, sebelum memulai suatu pekerjaan atau menghadapi suatu masalah, kita mohon pada Allah bahwa kita pasrah dan menyerahkan semua urusan pada Allah kemudian berikhtiyar semaksimal mungkin sesuai kemampuan kita. Ketika kita meraih keberhasilan, kita tidak akan sombong atau takabur. Sedangkan jika gagal, kita tidak akan putus asa.

About these ads

18 pemikiran pada “Pasrahkan Hidup Kita pada Allah

  1. Pasrah memang perlu d lakukan yaitu, jk kt udah berusaha semaksimal mungkin. kalo belum usaha ya nggak boleh pasrah. tu namanya nyerah. ya nggak…

  2. masya allah…hati ini jadi tenang…ternyata emang benar…semua cuma titipan dan pasrah karna semua yang kita adalah miliknya…

  3. Di dalam pasrah ada kekuatan uluhiah yang mengalir, menuju perbaikan dan kesempurnaan yang ditandai dengan jiwa yang damai dan bahagia.

  4. kita jadi bisa lebih lapang dada menghadapi hidup. pasrah membuat kita juga lebih menerima diri dan mau dibentuk.

  5. Jika kita mengalami cobaan yang sangat berat dan tidak mampu menolaknya, pasrahkan semua pada ALLAH, sehingga kita tidak akan larut dalam kesedihan….hidup harus terus berjalan bersamaNYA. Terimakasih atas pencerahnnya

  6. aku sudah berusaha semaksimal mungkin dalam hal menjalin hubungan dengan seseorang dan menunggunya untuk melangkahkan kakinya ke arahku, tetapi ditengah perjalanan hubungan kita yang nyaman dan cocok, ada permasalahan yang menyebabkan dia memilih untuk melangkahkan kakinya menjauh dariku dan menyingkirkan aku dalam kehidupannya karena dia takut melukai banyak orang di sekitarnya, dia tidak berani berkomitmen dengan apa yang telah diucapkannya dan dijanjikannya. Aku telah berusaha semaksimal mungkin, dan aku tidak tau harus bagaimana lagi usaha yang harus aku lakukan. Akhirnya aku berpasrah kepadaNYA, karena aku tidak menemukan jalan lagi untuk berusaha. Kali ini aku pasrahkan semua hubungan dengan dia kepadaNYA. aku cuma bisa berusaha tetapi Tuhan yang berkehendak.

  7. Bukan Sikap Menyerah Tanpa Usaha Tawakkal itu bukan sikap menyerah atau pasrah atau bersikap masa bodoh atau berpangku tangan tanpa berusaha dan bekerja dgn keras. Tawakkal adl usaha maksimal seorang mukmin sambil yakin akan adanya pertolongan Allah swt . Tertinggalnya posisi umat Islam dewasa ini bila dibandingkan dgn umat lainnya baik dalam percaturan perpolitikan secara makro dan berskala international ataupun disektor perekonomian dan dibidang disiplin ilmu dan teknologi tak lain krn kekeliruan sebagian kaum muslimin dalam menyikapi dan memahami arti tawakkal. Mereka menganggap bahwa tawakkal ialah sikap masa bodoh dan pasrah sepenuhnya kepada Allah swt tanpa adanya usaha maksimal tanpa berjuang tanpa bekerja keras. Mereka menyalah artikan konteks hadist Nabi saw yg berbunyi

    “Jika kamu bertawakkal kepada Allah dgn sepenuh tawakkal maka Dia pasti akan memberimu rizki sebagaimana Dia memberi rizki kepada seekor burung ia pergi meninggalkan sarangnya dalam keadaan kosong dan pulang kembali kesarangnya dalam keadaan penuh temboloknya ” .

    Padahal arti dan maksud dari hadist tersebut bahwa pergi dan pulangnya burung itu jelas dalam rangka usaha dan kerja mencari rizki. Jika burung itu hanya duduk dan diam saja disarangnya tanpa beranjak pergi dan terbang mencari rizki tentu makanan itu tak akan mungkin datang dgn sendirinya kesarangnya.

  8. assalamualaikum wr wb..
    Ternyata sy br mnyadari kl ihtiar n pasrah itu brtolak belakang.. Skrg sy lbh tau bgaimana langkah qt sbgai manusia harus tetap bertawakal.. Slain berihtiar sssuai dg kmampuan qt dan memasrahkan smua hasilnya.. Sm seperti yg sdg sy alami saat ini dg kluarga.. Smua ihtiar yg sy sekluarga lakukan kami pasrahkan smuanya sm Allah SWT.. Smoga ALLAH SWT memberikan pertologan yg terindah untuk sy sekluarga amin.. Mohon doa dari teman2..

  9. ehms,,,,nafas ini merasa lebih lega, txs sekali ats info baik ini. Sayapun akan melakukan hal ini demi terselesaikannya masalahku antara aku,oran tua dan sidia
    teman2 mhn doa restunya.
    Ya ALLAH mhn bnt hambamu yang sedang bimbang ini

  10. memang didalam kepasrahan ada satu kekuatan,,,,yakinkan hati bahwa segala sesuatu pasti ada jalan keluar,,,, Allah bersama orang2 yg bertaqwa..

  11. Make your holiday complete with a taste of Khopa Dhau,
    Bhaktapur. The tradeoff is that you simply will have to let
    torrent seed for some while prior to deciding to close it.

    This is most certainly not the initial case of the virus packaged as being a particular anti-virus program, and also the sad truth
    is it isn’t more likely to end up the last.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s