Syukuri Apa Yang Kita Dapat & Kita Miliki

      Dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali, kita senantiasa diberikan nikmat yang tiada tara. Segala hal yang diberikan Allah kepada manusia adalah GRATIS. Ketika bangun tidur kita bisa merasakan hangatnya sinar mentari, udara sejuk yang kita hirup, dan tetes embun yang membasahi bumi. Itu semua adalah nikmat Allah yang diberikan pada manusia. Coba bayangkan, kalau tiap tetes embun yang turun ke bumi, kita diharuskan membayar, apa yang terjadi ? Udara yang kita hirup, jika diharuskan membayar setiap kita bernapas, akan jadi apa kita ? Selain itu, kita dikaruniai Allah berupa lidah dan tenggorokan untuk merasakan lezatnya makanan. Mata yang diberikan sepasang untuk melihat kebesaran Allah, telinga yang diberikan sepasang untuk mendengar. Semua ini diberikan Allah pada kita sebagai nikmat dan fasilitas bagi kita dalam hidup di dunia.

      Begitu juga ketika kita diamanahi harta yang melimpah, istri yang cantik, anak-anak yang lucu dan sholeh. Subhanallah….begitu indahnya hidup ini.

     Saudaraku…di samping berbagai kesenangan yang diberikan Allah pada kita, Allah juga memberikan ha-hal yang kurang menyenangkan. Ini diberikan Allah sebagai penyeimbang hidup manusia sekaligus sebagai ujian bagi manusia. Sadarkah kita…ketika diberikan ujian yang berupa penderitaan, kesedihan, atau kekurangan harta, kita selalu mengingat Allah dengan rajin sholat, mengaji, sedekah, dan dzikir. Namun katika kita diuji dengan harta yang melimpah, jabatan elit, usaha berkembang, dan sebagainya; kita sering lupa pada Allah dan sesama. Adalah tabiat manusia, seperti dikisahkan Allah dalam Qur’an, bahwa manusia ketika mendapat kesenangan, mereka menganggap kesenangan itu hasil usahanya. Namun ketika mendapat hal yang tidak menyenangkan, mereka berkata Allah tidak adil. Na’udzubillah.

      Saudaraku…ingatlah firman Allah dalam Qur’an surat Ibrahim : 7, yang artinya :

     “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka azab-Ku sangat berat.’ “

      Saudaraku…Apapun yang kita dapat atau miliki, baik itu harta yang melimpah atau sedikit, kebahagiaan, kesehatan, dan kesedihan; semua ini harus kita syukuri. Bersyukur itu tidak hanya mengucapkan alhamdulillah tapi harus dilakukan dengan tindakan nyata, yaitu dengan lebih banyak zakat, sedekah, infak, sholat diawal waktu dan berjamaah, menafkahi anak yatim dan fakir miskin, dan menghadiri majelis taklim.

     Saudaraku….ingatlah….Nikmat apa yang kamu ingkari ? Wallahu a’lam bish showab

Satu pemikiran pada “Syukuri Apa Yang Kita Dapat & Kita Miliki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s