HIDUP HARUS TERUS BERJALAN (LIFE MUST GO ON)

Hidup seseorang adalah sebuah perjalanan menuju suatu tujuan. Hidup terbagi menjadi 3 bagian, yaitu masa lalu, sekarang, dan akan datang. Yang dimaksud masa lalu adalah masa yang telah kita lalui. Masa lalu bisa bahagia atau bisa saja suram. Masa sekarang adalah masa di mana kita hidup hari ini, detik ini, menit ini, dan jam ini. Masa sekarang tak akan pernah kembali. Masa sekarang adalah ‘pondasi’ meraih semua yang kita cita-citakan. Sedangkan masa depan adalah masa yang masih misteri, tidak pasti, dan ghaib.

Saudaraku,

Orang yang hidup hanya memikirkan atau berorientasi masa lalu, akan menghambat kemajuan seseorang. Kalau masa lalu seseorang itu bahagia atau menyenangkan, maka yang akan terjadi adalah orang tersebut akan mengungkit-ungkit saat bahagia atau saat kejayaan tersebut di masa sekarang, dan akan menyalahkan kondisi sekarang apabila tidak seperti yang diharapkan, yaitu saat-saat kejayaan di masa lalu. Lain lagi jika masa lalu seseorang itu suram. Misalnya, ada seseorang yang di masa kecilnya diasuh dengan pola asuh yang serba dilarang alias over protected. Hal itu akan mempengaruhi kepribadian seseorang, seperti tidak mandiri, tidak kreatif, dan berbagai kepribadian buruk lainnya. Ketika seseorang yang berorientasi masa lalu menyadari bahwa pola asuh orang tuanya salah dan membentuk kepribadiannya sekarang maka yang terjadi adalah dia akan menyalahkan orang tua yang berperan dalam mendidik orang tersebut, saat menghadapi masalah. Memang benar dia menyadari kelemahannya, tapi dia tidak menjadikan kelemahannya itu sebagai cambuk untuk memotivasi dirinya supaya berubah. Kelemahan dirinya malah dijadikan penyebab apabila dia gagal dalam melakukan sesuatu. Sikap inilah yang membuat mental seseorang jadi lemah.

Saudaraku,

Hidup ini harus terus berjalan. Begitu juga waktu yang kita lewati akan terus berjalan tanpa henti dan akan menggilas siapa pun yang tidak siap. Kalau kita masih tetap berorientasi masa lalu, baik itu masa lalu yang suram atau bahagia, maka akan menghambat kemajuan kita. Ada pepatah yang mengatakan “Kemarin (masa lalu) adalah sejarah. Besok (masa depan) adalah misteri. Sedangkan hari ini (masa sekarang) adalah masa di mana kita hidup dan mempersembahkan karya terbaik dalam hidup kita”.

Saudaraku,

Masa lalu jangan pernah dilupakan dan jangan pula diungkit-ungkit. Jadikan masa lalu sebagai sejarah dan sarana pembelajaran di dalam memacu kita menjadi pribadi yang tangguh, ulet, dan mandiri dalam menghasilkan karya yang bermanfaat bagi hidup kita dan orang lain. Semoga kita menjadi pribadi yang bisa beri manfaat bagi orang lain..Amien.

2 pemikiran pada “HIDUP HARUS TERUS BERJALAN (LIFE MUST GO ON)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s