SUKSES = ANDA

SUKSES, kata ini sering kita dengar tiap hari, tiap jam, menit, dan detik. SUKSES berasal dari kata bahasa Inggris, SUCCESS. Anda tahu arti SUKSES? SUKSES sering diartikan dengan ‘berhasil’ atau ‘untung’, itu jika diartikan secara bebas.

SUKSES bagi kita identik dengan rumah mewah, harta melimpah, atau kekayaan materi lainnya. Para penulis best seller mengidentifikasikan SUKSES sebagai hal yang rumit, ruwet, alias njlimet sehingga untuk meraih kesuksesan harus dilalui dengan pengorbanan yang tidak sedikit dan butuh waktu lama. Kalau Anda pernah baca buku Robert Kiyosaki yang judulnya ‘Rich Dad Poor Dad’ atau kalau di Indonesia ada Tung Desem Waringin(TDW), pasti dikatakan untuk meraih kesuksesan melalui jalan yang panjang dan berproses. Bahkan dalam buku Rich Dad Poor Dad dijelaskan beda ayah kaya dan ayah miskin. Ayah kaya bisa tetap kaya karena berani keluar dari ketidaknyamanan sedangkan ayah miskin akan tetap miskin karena terlena kenyamanan pekerjaan. Dalam buku TDW yang judulnya Financial Revolution dijelaskan kalau ingin kaya maka harus berani pindah dari kuadran kiri ke kuadran kanan. Kedua contoh buku tersebut tidak salah dalam mengidentifikasi SUKSES karena yang menjadi parameter SUKSES adalah kekayaan materi saja.

Lalu apa kita tidak butuh materi? Kalau tidak butuh materi, buat apa kita hidup? Dengan apa kita mencukupi kebutuhan hidup jika tanpa materi? Dan seterusnya. Ini kan yang menjadi pertanyaan di benak Anda?

Memang benar kita butuh materi atau harta karena ini yang menjadi bekal kita hidup di dunia sebelum berpulang ke hadirat Allah.

Saudaraku,

Pernahkah Anda merenung dan memikirkan segala sesuatu yang ada pada diri Anda, karir, pekerjaan, pendidikan, dan segala hal yang menjadi milik Anda? Pikirkan saat-saat Anda berjuang dalam meraih apa yang Anda dapat hari ini; tetesan keringat, air mata, dan darah yang menyertai perjuangan Anda, beragam cacian, makian yang mewarnai jalan hidup Anda…Pikirkan ini jauh sampai ke alam bawah sadar Anda!!! Lupakan harta kemewahan yang Anda miliki !!!

Bayangkan semua dengan sepenuh hati!!!

Kalau sudah…mari kita kembali ke pokok pembahasan….

Saudaraku,
Apa yang terjadi dengan Anda ketika flash back ke masa lalu Anda? Terharu, sedih, atau marah? Apa pun itu, semua yang Anda alami adalah jalan kesuksesan Anda.

Anda bisa bersekolah sampai ke perguruan tinggi, itu adalah kesuksesan Anda. Karena ada jutaan orang di tempat lain yang tidak mampu bersekolah.
Anda bisa bekerja di pabrik, itu kesuksesan. Karena ada jutaan orang yang masih menganggur.
Anda bisa makan walau dengan lauk seadanya, itu kesuksesan. Karena masih banyak yang kelaparan di luar sana.
Anda bisa bepergian dengan jalan kaki, itu kesuksesan. Karena ada sebagian saudara-saudara kita yang lumpuh dan hanya bisa berbaring.
Anda bisa tidur di gubuk yang sangat sederhana, itu kesuksesan. Karena di luar sana masih banyak yang tidur di kolong jembatan atau beratapkan langit.
Anda masih muda tapi sudah bekerja walau sebagai pegawai kontrak, itulah kesuksesan.
Anda masih muda, belum menikah, dan kuliah belum lulus tapi sudah bisa mendirikan usaha kecil, itulah kesuksesan.
Anda punya suami/istri yang sholeh/sholehah, itu juga kesuksesan. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Saudaraku,
Kita sebagai manusia diciptakan Allah di dunia sebagai seorang pemenang atau dengan kata lain ‘born to be a winner’. Anda terjadi dari jutaan sperma yang saling berperang dan berjuang untuk membuahi satu sel telur. Dari perjuangan tersebut, banyak sperma yang kalah dan mati, dan yang berhasil membuahi sel telur alias menjadi pemenang cuma satu, yaitu Anda! Ketika lahir ke dunia, Anda sudah sukses. Perjalanan hidup Anda adalah rangkaian atau akumulasi sukses-sukses kecil! Tak perlu bersedih ketika tidak memiliki harta banyak atau kemewahan dunia lainnya, yang paling penting adalah tetap berusaha semaksimal dan seoptimal mungkin untuk meraih sukses yang lebih besar, dengan tidak lupa mensyukuri sukses-sukses kecil dalam hidup Anda. Ingat….SUKSES itu ANDA!!!!

2 pemikiran pada “SUKSES = ANDA

  1. Dengan mensyukuri apa yang kita miliki dan berusaha serta menyayangi keluarga merupakan sukses terbesar kita..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s