Tak Ada Yang Sempurna

    Segala sesuatu di dunia tidak ada yang sempurna, apapun yang kita kerjakan pasti akan ada kesalahan walau sekecil kutu. Ini ketentuan Allah bahwa manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna karena diberi akal untuk membedakan yang haq (baik) dan yang bathil (buruk), dan inilah yang membedakan manusia dengan makhluk Allah yang lain. Namun tak bisa dipungkiri, walaupun manusia makhluk yang sempurna, tetaplah manusia tidak sempurna. Dan karena ketidaksempurnaan inilah manusia sering melakukan kesalahan, lupa, dan dosa. Seperti yang disabdakan Rasulullah Saw. bahwa manusia adalah tempat salah dan lupa.     Walupun manusia tidak sempurna, namun manusia diberi potensi untuk bertindak atau berbuat baik seoptimal kemampuan manusia. Manusia dalam bertindak atau berbuat baik tidak boleh setengah-setengah namun harus total, perkara hasil akhirnya salah atau benar itu bukan urusan manusia karena tugas manusia adalah ikhtiyar dan tawakal (berserah pada Allah).

    Hidup manusia itu ibarat anak sekolah yang berjuang mendapatkan nilai terbaik (sepuluh). Namun, hidup manusia jauh lebih kompleks dari pada anak sekolah. Hidup manusia itu tidak bisa dinilai dengan angka karena manusia hidup itu diuji dulu baru kemudian nilai atau hasil akhirnya hanya Allah yang tahu. Atau dengan kata lain, kalau anak sekolah diberi pelajaran dulu baru kemudian diuji, hidup manusia itu diuji dulu kemudian mendapat pelajaran dari ujian yang telah dilewati.

    Manusia hidup untuk belajar; belajar untuk mendekati sempurna. Seperti kata pepatah, ” Life is learning…to be perfect.” Belajar itu dari buaian sampai liang lahat, atau bahasa psikologinya “long life education.”

    So….jangan takut untuk selalu belajar dan jangan takut melakukan kesalahan karena dengan berbuat salah maka kita akan menjadi cerdas dan tahu di mana letak kesalahan kita. Hanya orang bodoh yang takut melakukan kesalahan.

Satu pemikiran pada “Tak Ada Yang Sempurna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s