Siapa takut jadi wirausahawan muda ?

    Wirausaha, kata ini sering kita lihat atau kita dengar lewat media cetak atau elektronik. Apa sih wirausaha itu? Apa bedanya dengan wiraswasta? Wirausaha dan wiraswasta secara bahasa punya arti yang sama yaitu orang yang berusaha secara mandiri untuk memenuhi kebutuhannya. ‘Wira’ artinya perwira atau orang yang berani, ‘swa’ artinya sendiri, dan ‘sta’ artinya bekerja. So..wiraswasta diartikan sebagai orang yang berani bekerja sendiri.

    Sebenarnya ada apa dengan wirausaha? apa uniknya wirausaha? Kenapa wirausaha digaungkan kembali?

    Saudaraku,

    Ketika kita kecil, kita sering diarahkan kalau bekerja supaya menjadi seorang pegawai atau profeisonal, contohnya dokter, pengacara, akuntan, pegawai bank, PNS, dst. Jarang atau bahkan tak pernah seorang anak diarahkan menjadi seorang pedagang, pebisnis, atau pengusaha. Hal ini wajar karena masyarakat kita masih terpengaruh budaya kolonialisme dan kratonisme, di mana menjadi seorang pegawai terutama pegawai pemerintah atau bahkan abdi dalem adalah pekerjaan yang menjanjikan dan ‘aman’. Sedangkan jika menjadi pedagang adalah hal yang tabu, tidak menjanjikan, dan penuh risiko. Bahkan yang paling memprihatinkan adalah terkadang ada sebagian dari masyarakat kita  mendidik anaknya secara over protected dan apa yang dibutuhkan anaknya selalu dipenuhi secara instant alias tanpa kerja keras sehingga anak tumbuh jadi pribadi yang lemah, mudah putus asa, dan tidak mandiri. Tidak heran jika mayoritas wakil rakyat yang duduk di DPR atau DPRD suka korupsi. Ini dikarenakan sejak kecil apa-apa sudah tersedia dengan instant, tak peduli halal atau haram. 

    Saudaraku,

    Akhir-akhir ini semangat berwirausaha mulai digalakkan lagi dan mencoba untuk dijadikan gerakan wirausaha nasional walau mungkin tidak bisa efektif 100 %.

    Kenapa wirausaha dijadikan gerakan nasional? Berdasarkan penelitian, suatu negara dikatakan maju apabila jumalah wirausahawan di suatu negara mencapai 2 % dari jumlah total penduduk. Misalnya, jumlah penduduk Indonesia 220 juta orang, maka jika ingin maju maka jumlah wirausahawan di Indonesia minimal 4,4 juta orang (2% dari 220 juta). Sedangkan jumlah wirausahawan di Indonesia hanya 50 ribu orang.

    Indonesia adalah negara potensial namun penduduknya bermental ambtenaar (buruh/pegawai). Rakyat Indonesia hanya bisa berlomba-lomba menjadi anggota dewan karena iming-iming fasilitas dan gaji mentereng. Buktinya banyak caleg bermunculan tanpa ada program, visi dan misi yang jelas, serta tindakan nyata bagi kemajuan bangsa. Ibarat dagang, mereka bermodal duit lalu berusaha supaya balik modal kalau sudah jadi anggota legislatif, syukur-syukur untung. Merekalah calon perusak negara. Kita lihat aja besok.

    Saudaraku,

    Marilah sebagai seorang generasi muda, kita tumbuhkan semangat berwirausaha dengan mengasah insting, kreativitas, dan inovasi supaya kita bisa menciptakan lapangan kerja minimal bagi diri kita sendiri. Jangan takut gagal sebelum bertindak! Jadilah pionir perubahan mental generasi muda! Kita yakin kita bisa jadi pelopor dan penggerak kemajuan bangsa dengan menjadi wirausahawan! Tetap SEMANGAT! Jangan jadi pecundang sejati, tapi jadilah pemenang sejati! INGAT….WIRAUSAHAWAN SEJATI ANTI KORUPSI, KOLUSI, DAN NEPOTISME !!!!

8 pemikiran pada “Siapa takut jadi wirausahawan muda ?

  1. Mas torry, datanya sudah saya publish di blogsederhana.com
    jangan lupa ya pasang banner sahabatnya
    saya akan kembali lagi ya..
    salam persahabatan

    Rijal Fahri

  2. sekarang lagi pada marak-maraknya orang pingin jadi pns, pingin kerja tapi gak dibayar katanya, hanya segelintir orang ulet aja yang niat jadi wirausaha.padahal pns jaman dulu juga nggak segampang main sogok jaman sekarang. capek deh kalo semua orang pada mau enaknya tapi gak mau kerja keras, makanya ayo kita galakkan semangat wirausaha 😀

  3. Ingat, 9 dari 10 pintu rezeki itu berasal dari usaha perdagangan loh. Nabi Muhammad SAW aja merupakan seorang pedagang kan. Aq juga saat ini sedang merintis untuk membuka peluang usaha baru di daerahku. Salam kenal sebelumnya…

  4. luar biasa setiap kalimat yg ada di atas…..hingga buat saya bersemangat untuk melanjutkan apa yg saya cita_citakan sekarang……mudah mudahan berhasil……salam persahabatan buat semua…….

  5. aku jd smngaaat lg…..
    mudah2n cita2 q pny usaha sendiri bs trwujud ya allah…
    amieeeen…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s