Kekuatan Sabar

Sabar, kata ini sering kita dengar tiap saat, terutama ketika kita ditimpa musibah pasti orang lain akan mengataka ” yang sabar ya…” atau ” sabar ya, semua ini ada hikmahnya…”,dst.

Sabar, berasal dari bahasa Arab, “ash Shobr”. Kalau dalam bahasa Inggris, “be patient”. Lalu, apa sih artinya ‘sabar’? ‘Sabar’ adalah menerima dengan lapang dada dan ikhlas atas segala ketentuan Allah dalam hidup kita, baik senang atau susah.

Manusia hidup tak luput akan ujian dari Allah. Ujian Allah itu bisa berupa kesenangan atau kesusahan. Dalam Qur’an, Allah menjelaskan bahwa banyak manusia yang berhasil ketika diuji dengan kesusahan namun banyak yang gagal ketika diuji dengan kesenangan.

Orang yang sabar selalu memancarkan kehangatan bagi orang lain karena dia senantiasa pasrah pada Allah dalam kondisi apa pun. Jika ditimpa musibah, dia tidak akan larut atau meratapi musibah yang menimpanya. Sedangkan jika diberi kesenangan atau kenikmatan, dia tidak akan lupa diri dan tidak akan lupa kepada Allah. Orang yang sabar jika marah, amarahnya tidak dilandasi dendam namun amarah yang selalu ingat pada Allah.  Saat marah pada orang lain diniati untuk menyadarkan orang yang dimarahi bukan karena benci, dan di hatinya selalu mendoakan orang yang dimarahi supaya diberi cahaya hidayah oleh Allah. Dan, orang yang dimarahi akan ‘menangkap’ energi positif dari orang tadi, pada akhirnya orang itu sadar akan kesalahannya.

Oleh karena itu, marilah kita mulai detik ini dan mulai dari kita sendiri, senantiasa berlatih untuk sabar. Orang yang sabar akan senantiasa mendapat kemenangan dan kebahagiaan. Wallahu a’lam.

3 pemikiran pada “Kekuatan Sabar

  1. wahh….mendapat pencerahan yang bagus banget nihh..
    hmm aku orangnya juga kurang sabar nihh…pengeeeennnn banget belajar lebih sabar..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s