Wajah Buruk PNS….

Menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah dambaan banyak orang karena menjadi PNS akan mendapatkan banyak fasilitas, antara lain Jaminan Kesehatan, Tunjangan Jabatan, Tunjangan Lauk Pauk, Tunjangan Hari Raya, Uang Pensiun, dan ini yang paling ditunggu-tunggu, GAJI KE-13 (Padahal kerjanya cuma 12 bulan tapi GAJINYA 13 kali….Luar Biasa PNS di Indonesia). Namun sayang, aneka fasilitas tersebut tidak membuat kinerja PNS meningkat lebih baik tapi malah merosot tajam ke titik negatif.
Hal ini terbukti dari hasil observasi dan survey saya di instansi pemerintah bidang kesehatan alias RSUD, instansi pendidikan (Sekolah Negeri), dan kecamatan. PNS yang mempunyai tugas melayani masyarakat malah bertindak semena-mena terhadap masyarakat. Di salah satu RSUD di sebuah kota, ada seorang pasien yang sangat kritis (hampir sekarat) masuk RS tsb kemudian oleh perawat di sana di masukkan ke UGD, setelah itu pasien tersebut ditinggalkan begitu saja oleh perawat di sana dan tidak diberi pertolongan pertama. Mereka malah berkumpul di ruang perawat sambil bercanda, tertawa terbahak-bahak, dan ada yang sms-an dengan kekasihnya. Kontan saja keluarga pasien tadi marah-marah pada perawat-perawat tersebut dan dijawab oleh perawat tersebut dg santainya, ‘kan udah masuk UGD, jadi itu bukan tanggung jawab kami.’ Keluarga pasien tersebut langsung menggebrak meja dan menyuruh supaya segera ditangani sekarang juga karena kebetulan pasien tersebut bukan peserta ASKES dan akan membayar biaya rumah sakit tersebut. Akhirnya keluarga pasien itu minta di rawat di bangsal VIP dengan maksud supaya mendapat penanganan intensif. Namun, harapan keluarga pasien tersebut pupus karena walaupun sudah dimasukkan ke bangsal VIP tapi penanganannya sangat minim alias tidak dipedulikan perawat berbaju PNS tersebut. Kemudian setelah 2 hari dirawat di RSUD tersebut, pasien tersebut dipindah ke RS swasta yang pelayanannya lebih baik.
Begitu juga ketika saya observasi di sebuah SMP negeri di sebuah kabupaten di Jawa Tengah, ketika waktunya jam mengajar, ada sekitar 10 orang guru bermain karambol di kantor guru padahal itu waktunya mengajar sedangkan murid-muridnya diberi tugas. Bahkan ada yang hanya duduk santai di kantor guru sambil membaca koran.
Lalu, seperti itukah wajah PNS negeri ini? Pantaskah mereka mendapatkan fasilitas yang begitu enak tersebut? Mau dibawa kemana kemajuan negeri ini jika PNS di Indonesia bobrok etos kerjanya? Pantas aja jika ada sebuah lelucon yang mengatakan bahwa PNS = Pegawai Namun Santai.
Harusnya, pemerintah sebelum mengangkat PNS maka calon PNS tersebut harus dites kepribadiannya dan dites etos kerjanya dengan tes psikologi. Buat apa ada tes psikologi jika tidak digunakan? RENUNGKAN INI…..

Satu pemikiran pada “Wajah Buruk PNS….

  1. saya merasa prihatin membaca pengalaman saudara,mudah2an ini hanya terjadi di tempat tsb dan tidak terjadi pd PNS2 di tempat lain…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s