BERDIKARI

   BERDIKARI, inilah jargon yg pernah digaungkan oleh  Presiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno. Berdikari singkatan dari Berdiri dengan Kaki SendiRi. Inilah yg menjadi motivasi Bung Karno untuk membangun Indonesia di awal kemerdekaan. Tujuan dari jargon BERDIKARI ini adalah menjadikan bangsa Indonesia bermartabat dan disegani oleh dunia internasional. Dan program Bung Karno dengan BERDIKARI-nya telah mencengangkan mata dunia dan berhasil mengadakan semacam event olahraga nasional yg bernama Ganefo (kalau salah tolong dibenerin).

   Jargon BERDIKARI untuk saat ini seharusnya perlu digaungkan digalakkan lagi. BERDIKARI harusnya jadi program nasional, apalagi sekarang sedang hangat-hangatnya isu ekonomi kerakyatan. Ekonomi kerakyatan tidak akan pernah bisa berjalan jika tidak dibarengi slogan BERDIKARI. 

   Bagi generasi muda, BERDIKARI ini perlu dan wajib dimiliki oleh mereka. Betapa tidak, masa depan bangsa dan negara ini ada di pundak generasi muda mereka. Generasi muda jangan hanya bergantung pada orang tua tetapi harus mampu mandiri untuk ‘menghidupi diri’. Ketika lulus sekolah atau kuliah, jangan bercita-cita mencari kerja alias kerja pada orang lain tetapi harus mampu mendirikan usaha sendiri. Tiap orang tua memang mendoktrin pikiran anaknya dengan doktrin ‘SEKOLAH UNTUK KERJA’. Ini sangat wajar karena doktrin ini warisan penjajahan.  Jika para generasi muda tidak mampu ‘berdiri dengan kaki sendiri’ maka bisa dilihat ketika mereka menjadi pemimpin, di mana pun mereka berada, tidak akan pernah bisa maju dan akan selalu bergantung pada orang lain sehingga martabatnya pun akan turun. Orang yg mampu ‘berdiri dengan kaki sendiri’ akan lebih dihargai dan mempunyai derajat lebih tinggi di mata orang lain dari pada orang yg bisanya cuma menengadahkan tangan alias ‘mengemis’ kebaikan orang lain. Begitu juga jika suatu negara mampu dan mau BERDIKARI, maka dunia internasional akan lebih menghargai negara tersebut. So…BERDIKARI adalah solusi meraih kemajuan bagi individu, masyarakat, dan negara.

Satu pemikiran pada “BERDIKARI

  1. saya sependapat dari berbagai pandangan ttg berdikari tsb, namun lebih jauh tentu km ingin pula merealisasikan harapan2 trsb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s