FACEBOOK,sebuah fenomena

Facebook…siapa yg tak kenal dengan situs jejaring sosial ini. Hampir semua orang, mulai remaja sampai orang tua, memakai situs ini dan mempunyai sebuah profil. Tujuan tiap orang beda-beda, ada yg bertujuan mencari kawan lama sampai mencari jodoh. Tapi yg pasti, fenomena FB ini sudah booming, bahkan pengguna FB di Indonesia melebihi pengguna FB di India atau China, negara yg notabene jumlah penduduknya lebih besar dari Indonesia.

FB didirikan oleh seorang mahasiswa Amerika pada tgl 4 Februari 2004, jadi udah sekitar 5 tahun umurnya. Penggunanya saja pada tahun ke 2 udah mencapai jutaan orang, sangat luar biasa. Itu dikarenakan fitur FB sangat mudah daripada FS.

Saking boomingnya, sampai-sampai ulama di India mengeluarkan fatwa haram buat FB bahkan sebagian kecil ulama di Jawa ikut-ikutan mengeluarkan fatwa haram. Aku sendiri menanggapi hal ini dengan senyuman aja. FB memang mewabah di kalangan semua orang namun ini tak perlu terlalu jauh difatwakan haram, cukup diingatkan saja supaya jangan terlena main FB yg kemudian malah menurunkan produktivitas masyarakat.

Hal-hal yg perlu diperhatikan saat ber-FB ria, antara lain : 1. Jangan membuka FB ketika di kantor atau waktu jam kerja. 2. Jadikan FB sarana menjalin dan menyambung silaturahim yg terputus, misalnya ingin silaturahim dengan keluarga di luar negeri. 3. Jangan jadikan FB untuk berkencan di darat. 4. Jangan menampilkan atau mengeluarkan statement atau pernyataan yg mengarah ke hal-hal berbau pornografi. 5. Jangan memajang foto yg seronok di profil.

Mungkin ini aja pendapat aku. So..gunakan FB secara proporsional dan dewasa.

5 pemikiran pada “FACEBOOK,sebuah fenomena

  1. Jika ada yg terluka karena senjata,…bukan senjatanya yg disalahkan, tapi “The Man behind the Gun” nya itu yg jadi masalah. FB itu cuma media, sama seperti senjata, pengguna nya yg mesti mem-filter informasi-informasi yg ingin di terimanya.

    Regards,
    http://erwbiz.co.cc/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s