Wirausaha, jalan hidup yg menyenangkan

Bisnis, wirausaha, atau perdagangan adalah suatu hal yang sangat aku senangi. Betapa tidak, dengan berdagang aku bisa mengeksplorasi dan menguji diri sendiri. Memang sih, aku terjun ke dunia bisnis atau perdagangan baru 3 tahun sehingga bisa dibilang masih bau kencur dan belum pengalaman.

Mengapa aku memilih wirausaha sebagai jalan hidupku? Ada beberapa alasan aku memilih wirausaha sebagai jalan hidupku. Alasannya adalah :

1. Kekecewaanku selama bekerja sebagai guru kontrak di sebuah SMPN di Colomadu. Betapa tidak, selama menjadi guru kontrak di SMPN tersebut hak-hakku sebagai pengajar sangat jauh dari harapan khususnya mengenai fee tiap bulan karena di sekolah tersebut ada beerapa oknum guru yg menjadi mafia pendidikan dan tidak transparan mengenai dana BOS.

2. Aku mengamati kehidupan karyawan dan buruh yg selalu dizalimi oleh mafia perusahaan sehingga hidup mereka sangat jauh dari sejahtera.

3. Aku mengamati para PNS yg etos kerjanya sangat amat jauh dari harapan alias etos kerjanya sangat amat rendah sekali namun diberi gaji yg terus naik dan diberi gaji ke-13 pula padahal kerjanya 12 bulan. Selain itu, dengan menjadi PNS maka akan terjebak lingkaran setan birokrasi yg tak berujung.

4. Aku tidak suka dengan pekerjaan yg monoton atau stagnan. Aku suka pekerjaan yg penuh tantangan dan itu hanya aku dapat dengan berbisnis.

5. Aku tidak suka dengan peraturan-peraturan yg mengikat dan mengekang kebebasanku untuk aktualisasi diri.

6. Aku ingin membuktikan pada semua orang kalau aku bisa sukses dengan hidup mandiri dan bekerja tanpa tekanan orang lain.

7. Dengan berbisnis, aku punya banyak waktu luang untuk keluarga dan orang-orang yg aku cintai.

8. Dengan berdagang, pikiranku bisa tetap aktif sehingga bisa memberikan manfaat yg besar jika aku tua nanti alias tidak gampang pikun.

9. Dengan berdagang, aku bisa punya banyak relasi dan koneksi sehingga bisa menambah jalinan silaturahim dengan banyak orang. Selain itu, dengan berdagang aku bisa terhindar dari korupsi walaupun yg aku korupsi uangku sendiri. Logikanya, jika aku mengkorupsi uang daganganku maka usahaku akan bangkrut karena modal habis.

10. Dengan berdagang, badan menjadi sehat karena tidak harus melulu duduk di balik meja dan bisa keluar kemana pun aku suka demi mengembangkan sayap bisnisku.

Dalam berwirausaha, sebagai langkah awal aku memilih jualan voucher pulsa elektrik. Kenapa harus itu? Bukankah itu sudah banyak pesaingnya? Memang benar, usahaku ini banyak pesaingnya dan sudah menjamur. Namun itu tidak menyurutkan langkahku untuk memulai. Aku juga udah pernah tertipu jutaan rupiah namun aku bangkit lagi dari nol hingga akhirnya, alhamdulillah, aku bisa merintis usaha sebagai distributor pulsa elektrik.

Kenapa memilih usaha voucher elektrik? Jawabnya adalah :

1. Pengguna HP banyak sehingga pasarnya sangat potensial.

2. Usaha ini tak pernah padam karena manusia butuh komunikasi.

3. Sistem transaksi mudah.

4. Aku bisa memberi manfaat bagi orang lain.

5. Bisa dikenal banyak orang (dari usahaku ini aku mendapat julukan ‘juragan pulsa’).

Selain itu, aku akan berikan tips supaya pelanggan ‘kecanduan’ datang ke tempat kita. Tipsnya adalah :

1. Berani memberi garansi jika pulsa gagal masuk.

2. Harga disamakan dengan harga pasar, syukur-syukur sedikit lebih rendah dari tempat lain. Ingat..sedikit loh jangan banyak-banyak karena hal itu bisa menimbulkan kecemburuan antar pedagang.

3. Bagi pelanggan aktif, berikan diskon

4. Rajin shodaqoh dan sholat dhuha.

5. Pembeli dan pelanggan adalah raja.

Demikian sedikit sharing dari aku, semoga dapat memberikan inspirasi bagi kita untuk start to be entrepreneur.

 

sumber gambar : http://www.jokosusilo.com/2008/05/06/bagaimana-agar-sukses-berbisnis-online-bagian-2/

10 pemikiran pada “Wirausaha, jalan hidup yg menyenangkan

  1. ya jiwa wirausaha memang harus di tumbuhkan sejak dini, dan mengatur waktunya adalah kita sendiri yang mengatur dan memaksimalkan potensi kita

  2. Benar, apalagi kalau usaha sesuai hobi.

    Salam kenal mas,Link sudah saya add mas, mohon di linkback. Terimakasih.

  3. sepertinya saya ada teman untuk tetap memotivasi diri untuk terus berada di jalur wirausaha

  4. yang penting action dalam segalannya,,, masalah nanti, nantilahhh tu,,, hehehehehe…..

  5. sapa yang mau tukar pengalaman dengan saya masalah merintis usaha silahkan call saya,,, ntar kita bahas tentang power of kepepet,,, hehehehehe,,, 081361107657

Tinggalkan Balasan

