Legawa,sikap yg harus dimiliki tiap orang

Tiap orang pernah mengalami yg namanya ‘kecewa, dendam, marah’ karena berhubungan dengan orang lain. Hal ini wajar dan sangat manusiawi. Misalnya saja, Anda semangat ingin memberikan les privat kepada murid Anda, eh setelah sampai rumahnya, murid Anda ngambek ga’ mau belajar. Jadi otomatis Anda pulang lagi. Dalam hati, Anda pasti langsung menggerutu dan kecewa. Iya kan?

Begitu pula seorang calon presiden yg maju berkompetisi memenangkan pilpres, pasti menginginkan kemenangan. Saya yakin, capres yg gagal alias tidak terpilih pasti akan kecewa, dendam, dan melakukan manuver-manuver untuk memojokkan presiden terpilih.

Dendam dan kecewa, dua hal yg dimiliki manusia jika apa yg diinginkan tidak terpenuhi. Sangat manusiawi dan wajar sekali.

Namun, semua itu bisa diminimalisir jika kita punya sikap legawa atau lapang dada. Selama ini yg menyebabkan perselisihan, permusuhan, atau pertengkaran adalah kurangnya sikap legawa di hati rakyat Indonesia. Sikap legawa bisa memunculkan aura positif bagi lingkungan sekitar dan bisa berdampak positif  bagi kesehatan fisik dan jiwa karena jika mau dirunut lebih dalam, segala macam penyakit itu munculnya dari hati (yaitu hati yg tidak legawa). Oleh karena itu, siapa pun kita dan apapun profesi kita, mari kita tumbuhkan sikap legawa dalam hati kita sehingga hidup lita lebih mudah dan ringan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s