WIRAUSAHA, BISA!!!

inilah-10-jalan-sederhana-untuk-melipatgandakan-profit-bisnis-internet-andaKita tahu bahwa kemiskinan dan pengangguran di Indonesia sangat tinggi. Kita tak usah menyalahkan siapa-siapa karena perilaku menyalahkan itu mencerminkan kelemahan, ketidakmampuan, dan kekerdilan jiwa seseorang.

Kemiskinan dan pengangguran itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Siapa pun itu dan yg mengaku warga negara Indonesia.

Kemiskinan dan pengangguran terjadi akibat pola pikir yg salah. Sejak kecil kita telah didoktrin oleh orang tua kita jika sudah besar supaya menjadi profesional, seperti guru, PNS, karyawan, arsitek, dst. Doktrin dari orang tua disebabkan oleh budaya yg dipengaruhi zaman penjajahan (kolonialisme) dimana pekerjaan yg paling enak dan nyaman adalah menjadi pegawai atau profesional karena tiap bulan dapat gaji dan bisa dapat pensiun. Mindset tersebut mendarah daging dan mengakar sampai sekarang sehingga membuat masyarakat jadi ‘tergantung’ alias mengharap bantuan orang lain. Dan kalaupun tidak ada yg mengulurkan tangan maka mereka hanya pasrah tanpa usaha.

Kemiskinan dan pengangguran terjadi juga akibat sistem pendidikan yg keliru. Sistem pendidikan di Indonesia selama ini mendoktrin bahwa pendidikan atau sekolah digunakan untuk mencari kerja. Jadi orang yg putus sekolah berarti tidak bisa bekerja dan pasti akan nelangsa hidupnya. Sedangakan orang yg sekolah sampai sarjana akan mendapatkan kerja yg mapan. Itulah yg didoktrinkan oleh sistem pendidikan sehingga bisa memperlemah mental masyarakat. Tidak heran jika jumlah pencari kerja dan lapangan kerja tidak sebanding.

Kemiskinan dan pengangguran hanya bisa diatasi oleh kita sendiri yaitu dengan merubah mindset yg telah mendarah daging seperti tersebut di atas dan mau serta mampu bekerja keras dan cerdas dalam menciptakan peluang usaha, minimal bagi diri sendiri.

Oleh karena itu, mari kita mulai saat ini meneguhkan dan memantapkan hati dan pikiran kita untuk mau dan mampu berjuang menciptakan lapangan kerja bagi diri kita. Modal uang bukan faktor utama, yg penting niat yg kuat (azam) untuk memulai. Modal uang bisa dari mana saja. Modal utama adalah keberanian untuk memulai dan keberanian untuk menghadapi cacian dari orang lain atas pilihan karir kita sebagai wirausahawan. So…WIRAUSAHA, BISA !!!!

————————————————————————————————————————————————————————Untuk artikel motivasi klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s