Kenapa Orang Takut Gagal?

Gagal, kata yg sering ditakutkan oleh semua orang. Ketika orang ingin bertindak seringkali tidak jadi dikarenakan orang tersebut takut jika mengalami kegagalan. Jadi ibaratnya, orang tersebut telah kalah sebelum perang alias dengan kata lain, lari dari pertempuran.Lalu, apakah kegagalan itu menyakitkan? Ada dua jawaban untuk menjelaskan hal ini.

Pertama, kegagalan memang menyakitkan bagi orang yg gampang putus asa, tidak mau belajar, orang yg tidak berilmu, dan orang yg malas. Memang benar, bagi orang-orang tersebut ketika melakukan sesuatu lalu kemudian mengalami kegagalan, langsung sakit hati dan patah semangat. Bagi orang-orang tsb, kegagalan adalah akhir dari segalanya dan hanya bisa pasrah tanpa usaha untuk bangkit. Akhirnya, bunuh diri.

Kedua, kegagalan itu tidak menyakitkan namun suatu tantangan untuk melakukan yg terbaik, dengan belajar dari kesalahan sehingga langkah yg ditempuh terarah dan berupaya seoptimal mungkin untuk tidak melakukan kesalahan yg sama. Orang yg menganggap kegagalan sebagai tantangan adalah orang-orang yg mau belajar, optimis, dan selalu berpikiran positif. Bagi orang-orang ini, kegagalan adalah cambuk untuk lebih semangat dalam bertindak dan tak akan berhenti berusaha kecuali orang ini mati.

Ada beberapa alasan kenapa banyak orang takut gagal, antara lain :

1. Orang tua secara tidak sadar menanamkan kepada anak bahwa melakukan kesalahan adalah tabu sehingga ketika anak melakukan kesalahan langsung dimarahi habis-habisan.

2. Orang tua dan lingkungan tidak mengajarkan bagaimana cara memperbaiki kesalahan yg diperbuat tetapi cenderung menyalahkan si anak.

3. Tidak adanya pemberian penghargaan bagi anak ketika selesai melakukan suatu pekerjaan.

4. Kurang adanya keyakinan pada Allah Swt. bahwa hidup ini telah diatur oleh Sang Maha Pemilik Alam Semesta, Allah Swt.

5. Pendidikan agama sangat kurang sehingga orang gampang patah semangat.

So….mungkin itu sedikit tulisan dari saya. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yg tidak gampang menyerah pada kegagalan.Amin

3 pemikiran pada “Kenapa Orang Takut Gagal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s