Tauhid,kunci meraih ridha Allah

Manusia hidup di dunia ini tak bisa sendiri, pasti selalu tergantung atau bersandar pada sesuatu. Inilah bukti bahwa manusia itu dhaif atau lemah. Bagi orang yang tak mengenal Allah pasti akan bergantung dengan benda atau sesuatu. Padahal bergantung pada sesuatu itu tidak akan membawa manfaat atau mudharat sedikit pun. Ketika manusia dilanda kesedihan, pasti akan mencari sesuatu untuk menenangkan jiwanya. Itu manusiawi.

Oleh karena itu, Islam turun untuk meluruskan perilaku yg salah tersebut. Islam mengajarkan bahwa tiada ilah yang pantas disembah kecuali Allah, Laa ilaaha illa Allah. Konsep ini harus dan wajib bersemayam di dalam qalbu atau hati tiap insan. Islam itu agama pembawa rahmat bagi alam semesta, Rahmatan lil ‘alamin. Jika konsep Laa ilaha illa Allah ini sudah terpatri dalam hati dan diamalkan dalam tiap perilaku sehari-hari maka tak ada kesedihan dan keputusasaan.

Bagi seorang muslim, wajib hukumnya bersandar hanya pada Allah, BUKAN bersandar pada makhluk. Misalnya, ketika seseorang bekerja di suatu instansi kemudian orang tersebut bersandar pada atasannya, maka bisa dipastikan orang tersebut akan kecewa karena atasannya hanyalah makhluk yang juga dhaif atau lemah, yang tiap saat pasti akan mati. Namun jika seseorang bersandar HANYA pada Allah, tidak akan pernah kecewa dalam hidupnya karena dia yakin Allah Maha Tahu akan kebutuhannya. Tauhid yang murni dan tak terkotori oleh apapun adalah kunci meraih kesuksesan karena Allah-lah yang menentukan berhasil tidaknya langkah kita. Tugas kita hanyalah berikhtiyar semampu kita dan selanjutnya kita serahkan hasilnya pada Allah. Wallahu a’lam bishshowab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s