Filosofi sholat jama’ah dalam bisnis

Islam adalah agama yg Rahmatan lil ‘alamin. Islam memberikan tuntunan pada umatnya dalam menjalani kehidupan di dunia, tak hanya dalam hal ritual ibadah namun menyangkut muamalah. Di dalam Islam, sholat yg paling besar pahalanya adalah sholat yg dilakukan secara berjama’ah, yaitu pahalanya 27 derajat jika dibanding sholat sendiri yang hanya mendapat pahala 1 derajat.

Tahu tidak, ketika menjalankan sholat berjama’ah, ada filosofinya loh.  Orang yg sholat berjama’ah pasti ada pemimpin (imam) dan ada makmum. Filosofi sholat berjama’ah adalah seorang imam (leader) harus bertanggung jawab atas ‘keselamatan’ orang yg dipimpinnya. Begitu juga si makmum harus taat kepada imam (leader). Namun imam (leader) harus mau diingatkan makmum ketika imam melakukan kesalahan. Imam (leader) harus bisa mengayomi, melindungi, dan mendukung makmum.

Dalam berbisnis, harus menerapkan filosofi sholat berjama’ah jika ingin meraih hasil yg maksimal (sukses). Jika dalam sholat secara munfarid (sendirian), maka pahala yg didapat hanya 1 derajat. Begitu juga dengan berbisnis. Jika bisnis dilakukan dengan sendirian (single fighter), maka untuk memperoleh hasil yg maksimal akan lama dan berat. Namun jika bisnis dilakukan dengan berjama’ah maka untuk meraih kesuksesan akan terasa ringan. Lihat aja di sekitar Anda, pasti ada pedagang grosir dan pedagang eceran. Jika pedagang grosir tidak dibantu pedagang eceran maka perputaran modal akan lama.

Saat ini di dunia maya (internet) maupun dunia nyata, sedang booming bisnis reseller, binary marketing, MLM, ataupun affiliasi. Dalam Islam, bisnis semacam itu HALAL dengan catatan barang yg dijual ada, tidak ada unsur penipuan, tidak ada unsur program cepat kaya, tidak ada unsur judi. Dalam Islam, untuk mencapai kekayaan harus kerja keras BUKAN hanya duduk-duduk aja. Begitu juga dengan menjadi affiliate, distributor MLM, reseller, atau binary marketing HARUS dan WAJIB kerja keras mengembangkan jaringan. Kalau hanya diam saja, ya tidak dapat apa-apa.

So…bagi sobat-sobat yg sekarang aktif di bisnis MLM, reseller, binary marketing, ataupun affiliasi, silakan terus melangkah. Sekarang ada bisnis binary marketing yg dapat sertifikat HALAL dari MUI dan diakui oleh Menkokesra, Menpora, Menbudpar, dsb.

3 pemikiran pada “Filosofi sholat jama’ah dalam bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s