Pelajaran dari Tuhan

Manusia hidup di dunia pada hakikatnya adalah belajar dan belajar. Makanya ada ungkapan yg mengatakan ‘ Long life education ‘ alias belajar seumur hidup. Kenapa manusia harus belajar? Karena manusia hidup di dunia bukanlah tujuan akhir namun hanya perhentian sementara alias mampir. Sedangkan tujuan sebenarnya adalah hidup selamanya di akhirat.

Manusia belajar dari berbagai sumber. Ada yg belajar melalui pendidikan formal – entah itu sekolah umum, madrasah, pesantren, kuliah, atau kursus – atau melalui jalan lain, misalnya membaca buku, training, seminar, dan sebagainya. Pendidikan seperti disebut di atas adalah pendidikan lewat manusia.

Ada juga pendidikan lain yaitu pendidikan dari Tuhan. Pendidikan dari Tuhan itu caranya bermacam-macam. Misalnya, lewat ilham atau mimpi. Pendidikan lewat ilham atau mimpi biasanya diberikan Tuhan kepada orang-orang yg tingkat keimanannya tinggi, seperti ulama, ustadz, kiai, atau syekh. Pendidikan dari Tuhan yg lain yaitu melalui teguran yg disertai cobaan atau ujian. Misalnya, ada seseorang yg terus menerus diberi cobaan tiap hari tanpa henti. Satu masalah blm selesai, muncul masalah lain, begitu seterusnya. Biasanya bagi orang yg ‘cerdas’ secara emosional dan spiritual, jika diberi cobaan atau ujian yg bertubi-tubi seperti ini pasti akan merenung dan berpikir. Memikirkan kesalahan apa yg pernah diperbuat di masa lalu. Jika sudah ketemu kesalahan di masa lalu dan langsung bertaubat, insya Allah ujian atau cobaan hidup itu perlahan tapi pasti mulai berkurang. Inilah yg perlu dilatih bagi tiap pribadi. Dan, pendidikan dari Tuhan ini biasanya menimbulkan kesan yg sangat mendalam serta tak mungkin dapat dilupakan.Wallahu a’lam.

So…marilah kita belajar untuk menerima pelajaran dari Tuhan sehingga kita bisa menjadi pribadi yg cerdas secara spiritual dan emosional. Ingatlah,,,cobaan atau ujian yg Anda terima adalah bukti kasih sayang Tuhan kepada Anda.

2 pemikiran pada “Pelajaran dari Tuhan

  1. Ok, belajar adalah sebuah gaya hidup. Dan kita akan menemukan hakekat kita yang sejati dalam proses belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s