Jagalah Puasamu!

“Hai orang-orang yg beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertaqwa” (Al Baqarah : 183)

Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan hambaNya yg beriman untuk berpuasa (di bulan Ramadhan). Puasa atau shaum adalah ibadah yg hanya diketahui oleh orang yg mengerjakannya dan Allah Azza wa Jalla. Allah-lah yg akan memberikan ganjaran atau pahala shaum kita asalkan kita ikhlas menjalankan ibadah ini Lillahi ta’ala.

Oleh karena itu, sebagai hamba Allah yg beriman, kita harus berusaha keras supaya shaum atau puasa kita tidak sia-sia. Caranya yaitu dengan menjaga lisan, pandangan, pendengaran, hati, dan pikiran dari hal-hal yg merusak ibadah shaum kita. Menjaga lisan yaitu dengan tidak melakukan ghibah,ngrasani, membicarakan aib orang lain. Menjaga pandangan yaitu dengan tidak melihat hal-hal yg diharamkan Allah dan RasulNya. Menjaga pendengaran yaitu dengan mendengar hal-hal yg baik. Menjaga hati dan pikiran yaitu dengan cara tidak memikirkan sesuatu yg sifatnya sia-sia.

Satu lagi yg perlu saya tambahkan yaitu anggaplah shaum atau puasa kita kali ini sebagai puasa yg terakhir sehingga kita akan menjaga ibadah shaum kita supaya tidak terkotori oleh hal-hal yg merusak ibadah shaum.

2 pemikiran pada “Jagalah Puasamu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s