Memulai bisnis itu gampang !!

http://www.mastorry.wordpress.com

Melihat realitas di lapangan kadang membuat hati ini miris. Betapa tidak, banyak lulusan perguruan tinggi (sarjana) yg bingung mau ngapain setelah lulus. Ada salah satu sahabat bikin status di FB yang membuat hati ini geli membacanya sekaligus trenyuh, beliau nulis, ” satu hal yg paling aku benci setelah wisuda adalah JOBLESS ! “. Dalam hati saya bertanya, ‘kok sampai segitunya?’ Astaghfirullah….

Setelah saya merenung dan berpikir, ternyata yg membuat saya, Anda, kita semua, mengalami apa yg dikatakan sahabat saya ‘JOBLESS’ adalah karena kita terlalu terpaku dengan pemikiran yg sempit dari background pendidikan yg telah kita kenyam. Misalnya, lulusan psikologi maka harus bekerja di perusahaan sebagai staff HRD, kerja di sekolah sebagai guru BP, atau kalau ingin menjadi psikolog maka harus sekolah lagi ambil pendidikan profesi. Itu salah satu contoh dari satu bidang.

Untuk mempunyai pekerjaan sebenarnya MUDAH. Saya akan ajak Anda untuk berpikir sejenak…..mari berpikir….hey, jangan melamun!!!! Coba Anda pikir dan bertanya pada diri Anda, apakah Anda mempunyai minat? apakah Anda punya hobi? Apa Anda punya keahlian atau bakat?

Saya yakin seyakin-yakinnya Anda mempunyai hobi, bakat, minat, dan keahlian di bidang tertentu. Tidak mungkin manusia tidak punya keahlian !!!

Setelah Anda menemukan hobi, keahlian, minat, dan bakat terpendam dari diri Anda, selanjutnya saya akan mengajak Anda untuk open minded. Lupakan background pendidikan Anda !!!! Lupakan dulu IJAZAH Anda !!!! Temukan peluang terpendam dari dalam diri Anda. Masih ragu? Oke…saya bantu….!!!

Saya kasih contoh, ada seorang sahabat yg mempunyai kesenangan makan TELUR ASIN, lalu dia mencoba membeli di pasar. Ternyata, telur asin yg dibeli di pasar sungguh sangat amat sangat jauh dari yg dibayangkan, rasanya tidak asin sama sekali. Lalu dia berpikir, gimana cara membuat telur asin yg enak ya? Dia lantas browsing di internet mencari bahan-bahan untuk pembuatan telur asin, akhirnya ketemu, lalu dia mencoba membuat dengan modal dari tabungannya. Sekali, dua kali, tiga kali gagal terus…sampai akhirnya eksperimen yg keempat dia berhasil bahkan dia menemukan rahasia supaya telur asin tersebut enak dan bikin ketagihan. Dia kemudian memasarkan telur asin tersebut ke warung-warung dekat rumah…dan alhamdulillah responnya positif dan permintaan terus bertambah.

Dari contoh di atas, ternyata dari sebuah kesenangan terhadap telur asin bisa mendatangkan peluang usaha. Nah…sekarang saya tantang Anda untuk berani berwirausaha dengan modal bakat, hobi, kesenangan, atau minat Anda. Modal uang bukanlah yg utama, yg penting tekad yg kuat untuk ACTION!!!! Berani ??

2 pemikiran pada “Memulai bisnis itu gampang !!

Tinggalkan Balasan

