Sedekah yang Menggetarkan

Pernahkah Anda mempunyai pengalaman sedekah yang mampu menggetarkan hati? Anda pasti tahu dan bahkan mengenal sosok Ustad Yusuf Mansyur yang terkenal dengan konsep bersedekah.

Ustad Yusuf senantiasa menganjurkan kepada jamaahnya untuk senantiasa memberikan sedekah semampunya. Berapapun, Tuhan tidak melihat sedekah dari jumlah nominal yang disedekahkan melainkan dari ketulusan dan keikhlasan si pemberi sedekah.

Berbekal pengalaman sedekah yang sering dilakukannya Ustad Yusuf mengajak kepada segenap jamaah yang sering hadir acara pengajiannya sampai-sampai ia memperkenalkan konsep The Power of Sedekah.

Power of Sedekah bermakna bahwa sedekah mempunyai kekuatan yang nyata bagi orang yang melakukannya. Banyak kejadian yang sulit diterima logika sebagai implikasi atau dampak dari berbuat sedekah.

Cara Bersedekah

Dibawah ini beberapa hal dari cara bersedekah yang dapat menggetarkan hati bahkan alam semesta ini:

1. Melakukan sedekah disaat Anda sedang ingin melakukan sedekah.

Dalam arti lain, melakukan sedekah harus diusahakan seikhlas mungkin. Ketika Anda melakukan sedekah dalam keadaan kesal, tak enak hati, dsb maka khawatir di alam bawah sadar Anda akan merespons bahwa sedekah itu bukan sesuatu yang mampu menentramkan.

Logikanya sederhana saja, sama halnya ketika Anda dipaksa untuk diminta bayar parkir secara paksa oleh seorang preman, maka dibenak Anda akan tertanam memberi secara paksa itu tidak melegakan. Begitu juga dengan sedekah.

2. Memberikan sedekah dengan sesuatu yang Anda anggap berharga dalam kehidupan Anda.

Tatkala Anda menyedekahkan barang, uang atau apapun yang Anda anggap mempunyai nilai bahkan sangat berarti dalam hidup maka Anda akan merasa menjadi manusia berharga dan berguna buat kehidupan yang lain.

3. Bersedekah tidak dengan maksud riya atau pamer.

Banyak sekali dijumpai orang-orang yang bersedekah tak pernah ingin disebutkan namanya, cukup dengan “hamba Allah”. Hal itu bertujuan supaya dirinya tak terjebak dalam ria dan sombong yang dikhawatirkan akan merusak pahala sedekah Anda.

4. Bersedekah tanpa mengharapkan orang atau siapapun yang Anda beri akan memberikan balasan yang setimpal di kemudian hari.

Jangan sekali-kali Anda berfikiran bahwa orang yang Anda berikan sedekah akan membalasnya kepada Anda di kemudian hari. Jika itu yang dilakukan berarti tak percaya dengan kemahakuasaan Allah dan kekayaan-Nya sungguh sangat banyak.

5. Bersedekah tanpa mengira-ngira balasan yang akan diberikan Tuhan kepadanya kelak sebagai balasan atas perbuatan sedekahnya itu.

Pengalaman Sedekah

Banyak cerita di balik sedekah. Diantaranya sebuah kisah dari Rasulullah SAW. Suatu ketika Nabi sedang duduk bersama para sahabatnya. Lalu, ada seorang tukang kayu bakar yang melintas dihadapnya. Kemudian Rasulullah berkata kepada para sahabat, “Nanti siang orang tadi akan meninggal dunia”.

Namun, sore harinya ketika beliau tengah duduk dengan sahabat, orang tersebut melintas lagi. Rasul pun bertanya, “Aku diberitahu oleh Malaikat bahwa ajalmu tiba tadi siang. Tapi sekarang kamu masih dalam kondisi yang segar bugar. Apa sesungguhnya yang telah kamu lakukan?”

Orang itu pun menjelaskan bahwa bekal makannya ia berikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Dan tak lama dari itu, seekor ular hitam tiba-tiba keluar dari dalam kayu bakar yang ia bawa. Rasul pun menjelaskan bahwa ular itu yang sesungguhnya bisa menjadi penyebab kematian si tukang kayu bakar.

Semoga pengalaman sedekah tersebut bisa kita ambil saripati hikmah dan membuat kita lebih tergerak hati untuk banyak bersedekah.

Sumber : http://www.anneahira.com/pengalaman-sedekah.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s