Selamatkan Lingkungan, SEGERA!!!

Akhir-akhir ini kota amati berita di televisi adanya wabah ulat bulu yang menyerang pulau Jawa dan Bali. Wabah ulat bulu sudah mencapai titik paling parah dan tak bisa dikendalikan.

Perubahan iklim terutama temperatur lingkungan ikut mempengaruhi populasi ulat bulu, karena temperatur yang meningkat dapat mempercepat siklus hidup ulat itu, kata pakar hama dan penyakit tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Suputa. “Meningkatnya populasi ulat bulu juga disebabkan semakin berkurangnya musuh alami, seperti burung, parasitoid, dan predator lain,” katanya dalam diskusi Fenomena Wabah Hama Ulat Bulu di Jawa Timur, di Yogyakarta.

Munculnya ulat bulu yang disebabkan perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global dan juga perburuan besar-besaran burung pemangsa ulat dan predator lainnya. Lihat saja, burung-burung predator pemangsa ulat sekarang sudah mulai berkurang akibat diburu manusia. Pernah saya melihat di pasar ada seorang yang menjual burung-burung kecil. Padahal burung tersebut pemakan ulat. Selain itu, burung-burung predator diburu manusia untuk dikonsumsi. Benar-benar ironis. Sekarang muncul wabah ulat bulu, manusia bingung dan ketakutan.

Selain itu, di daerah tertentu muncul hama tikus yang merusak persawahan.

Hama tikus ini menyerang persawahan akibat predator pemangsa tikus telah berkurang. Predator tikus seperti burung hantu, elang, ular, sekarang telah mulai punah. Lagi-lago manusia penyebabnya. Seperti contoh, ular diburu untuk dikonsumsi, padahal ular haram dikonsumsi manusia. Burung hantu ditangkap lalu dijual untuk dipelihara, begitu juga burung elang.

Jika ini dibiarkan terus menerus maka wabah ulat dan tikus tersebut akan terus meraja lela.

Maka dari itu, mulai sekarang selamatkan lingkungan. Jangan menebangi hutan sembarangan. Dan jangan memburu binatang liar, apapun alasannya! Wabah tikus dan ulat adalah peringatan dari Allah, Sang Maha Pemilik Alam. Silakan dipikirkan.

Satu pemikiran pada “Selamatkan Lingkungan, SEGERA!!!

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, Tutuko…

    Salam kenal dan terima kasih sudah berkunjung ke laman ilmu saya.

    Ternyata ulat bulu dan tikus menjadi musuh manusia kini. Serangan mereka mengakibatkan manusia tidak lena tidur dan selalu resah. Semuanya akibat perbuatan manusia juga. Saya setuju, jika alam yang melingkungi kehidupan kita tidak dipelihara dengan baik, manusia juga menjadi mangsanya.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s