Right = kanan = benar ?

Ada sebuah kutipan yg berbunyi, ‘mulailah dengan yg kanan..’ , kutipan tersebut mengisyaratkan makna yg dalam sekali. Islam mengajarkan sebelum memulai sesuatu dengan menggunakan organ tubuh yang kanan, seperti makan dengan tangan kanan, memakai sepatu diawali dengan kaki kanan, masuk masjid kaki kanan dahulu, memakai baju dari lengan kanan, dsb. Bahkan peraturan lalu lintas pun mengisyaratkan untuk mendahului kendaraan dari lajur kanan.
Kanan identik dengan kebaikan. Dalam Qur’an ada istilah ‘golongan kanan’.
Di dalam mengambil keputusan harus memakai otak kanan karena otak kanan adalah otak kreatif, intuitif, tidak linier, dan loncat-loncat dalam berpikir.
Orang yg dominan otak kanan adalah orang yg kreatif, punya banyak cara untuk menyelesaikan masalah, ‘agak gila’, dan selalu menempati posisi teratas dalam berorganisasi atau bekerja.
Para pengusaha, business owner, dan investor adalah termasuk golongan otak kanan.
Bagaimana dengan Anda?

Satu pemikiran pada “Right = kanan = benar ?

  1. Saya setuju bahwa “kanan” memang punya konotasi baik. Tapi kalau semua pengusaha, investor atau business owner dibilang kelompok otak kanan saya rasa terlalu berlebihan.

    Kira-kira sebulan lalu, ketika saya ikut pelatihan pajak, ada test – entah apa namanya, saya lupa – untuk mengetahui otak mana yang dominan pada seseorang. Menurut test itu, saya termasuk kelompok orang yang dominan otak kiri. Dianggap tidak kreatif, terlalu mengandalkan logika dan – karena saat itu saya mengaku sebagai karyawan administrasi, dibilang tidak akan mampu menjadi pengusaha.

    Saya cuma ketawa dalam hati. Saya sudah menjadi pengusaha sejak umur 15 tahun, dan walaupun tidak pernah kuliah arsitektur, sampai saat ini sudah lebih dari 181 disain rumah tinggal kreasi saya digunakan oleh para konsumen.

    Menurut saya, tidak ada pembagian yang spesifik terhadap kerja otak. Kanan, kiri atau tengah, semua bekerja bersama saling melengkapi. Salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s