Ketika jenuh melanda….

Setiap orang pasti pernah dan bahkan sering mengalami titik jenuh atau titik nadir. Kejenuhan itu muncul karena seseorang melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan yang sama atau monoton tiap hari. Kejenuhan juga bisa terjadi ketika seseorang bekerja pada suatu perusahaan atau institusi, apalagi ketika dihadapkan pada kondisi dia melihat suatu keganjilan atau keanehan pada institusi tsb dan dia ingin merubahnya tapi tidak bisa karena terkendala status dia sebagai karyawan atau prosedur birokrasi yg rumit. Jika ini dibiarkan secara terus-menerus maka akan mengakibatkan menurunnya semangat dan produktivitas yg orang tersebut.

Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengatasi kejenuhan ? Ada beberapa cara untuk mengatasi kejenuhan. Di sini kami coba memaparkan dengan sederhana. Silakan disimak :

  1. Jika mengalami suatu kejenuhan karena pekerjaan yg monoton, cobalah sesekali ambil cuti 1-2 hari. Matikan handphone atau alat komunikasi yang berhubungan dengan pekerjaan, lalu rekreasilah bersama keluarga Anda ke tempat yang sejuk.
  2. Jika kejenuhan terjadi karena pusing melihat ketidakadilan di perusahaan tempat Anda bekerja, cobalah untuk bersikap cuek dan fokuslah ke job description yg diamanahkan pada Anda.
  3. Dan yg paling penting, program ulang niat Anda dalam bekerja. Caranya adalah minta pada Allah untuk meluruskan niat dalam bekerja. Niatkan ulang Anda bekerja semata-mata untuk meraih ridho Allah, bukan untuk mencari muka di depan atasan. Biarlah Allah yg menilai pekerjaan Anda, bukan mencari penilaian atasan Anda.

Demikian sedikit yang bisa Kami bagi pada para pembaca. Tulisan di atas tidak 100 persen benar karena kami masih dalam tahap belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s