Ekonomi rakyat ? Sebuah impian dan harapan…

    Mengapa saya membuat judul seperti di atas ? Mungkin bagi sebagian besar pembaca berkata dalam hati, “ah…sok penting aja, ngapain mikir ekonomi rakyat…, mikir diri sendiri aja susah…” (hehehe…).

    Memang benar saya bukanlah pejabat atau orang penting. Namun ini semua berangkat dari pengalaman saya sebagai marketing di sebuah koperasi jasa keuangan syariah. Di koperasi tersebut, saya mempelajari banyak hal. Mulai dari akuntansi, manajemen, sampai ‘hal yang pribadi’ . Kalau ‘hal yang pribadi’ itu biarlah menjadi rahasia🙂

    Koperasi, seperti yg saya tahu, melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi merupakan kumpulan beberapa orang untuk mengadakan usaha bersama dan bertujuan menyejahterakan anggotanya,

    Namun, berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, koperasi sekarang banyak yang menjalankan usahanya seperti sebuah bank, dan modal koperasi berasal dari pemegang saham.

    Yang jadi pertanyaan, apakah koperasi sekarang bisa menjadi soko guru perekonomian bangsa ? Atau telah beralih ke sistem ekonomi kapitalis ? Pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh orang yang paham tentang perkoperasian yang sesungguhnya.

 

Tinggalkan Balasan

